Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Pertanahan Kab. Sumba Barat

Bupati Sumba Barat :

“Terima Kasih atas Pengabdian Bpk Kadobo, SH sebagai Kepala Dinas Pertanahan Kab. Sumba Barat, selamat memasuki masa Purna Tugas dan Terima Kasih buat keluarga”

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH saat memberikan sambutan dalam Acara Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Sumba Barat dari Bapak Zebu Kadobo, SH kepada Bapak Victor Umbu Sulung, MM, Senin 3 Mei 2021. Lebih lanjut Bupati Dade mengatakan “Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap dedikasi dan pengabdian yang sudah dilakukan oleh Bapak Zebu Kadobo selama 24 tahun sebagai PNS dan 4 tahun menjabat sebagai Kadis Pertanahan. Kiranya seluruh pengabdian dan kerjakerasnya diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sendiri dalam masa Purna Tugas pak Kadobo bersama keluarga”. Bupati Dade juga mengingatkan agar Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pertanahan, Drs. Victor Umbu Sulung, MM dapat melanjutkan tongkat estafet di Dinas Pertanahan sesuai perencanaan yang telah ditetapkan. Lebih lanjut ditegaskan pula agar seluruh pejabat dan staf Dinas Pertanahan untuk dapat bekerja sama dengan Plt. Kadis Pertanahan sehingga program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik sesuai target yang ditetapkan. Merespon permintaan eks Kadis Pertanahan, Zebu Kadobo dalam sambutan perpisahannya terkait rencana merger (penggabungan) Dinas Pertanahan, Bupati menyatakan bahwa restrukturisasi dan Penataan ulang Kelembagaan Perangkat Daerah merupakan hal yang wajib dilakukan, mengingat Pemerintah Kabupaten Sumba Barat masuk dalam Tipe C, sehingga jumlah organisasi perangkat daerah yang ada dirasakan cukup besar namun tidak berfungsi dengan maksimal dan perlu dilakukan penyesuaian struktur kelembagaan agar bisa “Hemat Struktruk, Kaya Fungsi”.

Sementara itu, mantan Kadis Pertanahan dalam sambutan perpisahannya menyampaikan ucapan trimakasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumba Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada beliau untuk memimpin Dinas Pertanahan sejak dinas tersebut dibentuk pada Tahun 2017, tepatnya sejak Bulan Mei 2017. Dalam sambutannya, Beliau menuturkan “kurang 15 hari lagi, saya tepat memimpin dinas ini (pertanahan, red) selama 4 tahun. Dan selama 4 tahun keberadaan Dinas Pertanahan telah ikut menyumbangkan berbagai program pembangunan sesuai tugas pokok dan fungsi dinas bagi pembangunan Kabupaten Sumba Barat”. Kadobo juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama mengabdi sebagai PNS dan memimpin Dinas Pertanahan jika ada hal-hal yang kurang berkenan, agar kiranya dapat dimaafkan karena sebagai manusia biasa tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan. Secara singkat, Kadobo juga menyampaikan informasi umum tentang Dinas Pertanahan baik dalam aspek kekuatan maupun kekurangan yang ada sehingga Plt. Kadis Pertanahan dapat mengikutinya dan menyesuaikan dalam pelaksanaan tugas selanjutnya. Selanjutnya dalam kesempatan yang diberikan, Plt. Kadis Pertanahan (Drs. Victor Umbu Sulung, MM) menyampaikan trimakasi kepada Bupati atas kepercayaan yang diberikan dan komitmen untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Dinas Pertanahan yang dipercayakan kepadanya. Victor juga menghimbau agar seluruh pejabat dan staf Dinas Pertanahan untuk merapatkan barisan dan bergandengan tangan bekerja mewujudkan target yang telah ditetapkan.


Menutupi seluruh arahannya, Bupati Sumba Barat juga mengingatkan beberapa hal yang menjadi fokus beliau dalam memimpin Sumba Barat lima tahun ke depan, yaitu Penegakan Disiplin Kerja bagi ASN dan TKD. “Disiplin adalah harga mati. Karena dengan disiplin yang kuat maka kita dapat membangun Sumba Barat ini ke arah yang lebih baik. ASN dan TKD selaku tulang punggung pemerintahan tidak boleh main-main dengan disiplin. Tidak ada tawar menawar dalam penegakan disiplin, siapapun itu”.

Turut hadir dalam kesempatan serah terima jabatan ini, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Kepala BKPP Kabupaten Sumba Barat dan pejabat yang mewakili Kepala Kantor Pertanahan/ATR Sumba Barat.

(by_whw@0305-1)






219 tampilan0 komentar