Pembukaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 Kab. Sumba Barat oleh PJs. Bupati Sumba Barat



Akirnya hari yang ditunggu-tunggu oleh peserta seleksi CPNS Formasi Tahun 2019 lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat tiba juga. Setelah sekian lama menunggu dengan hati berdebar-debar ditambah lagi situasi perkembangan penyebaran Pandemi COVID-19 yang tidak menunjukan trend penurunan yang bisa saja mengakibatkan penundaan pelaksanaan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) bagi peserta seleksi CPNS Kab. Sumba Barat yang telah lolos SKD, maka pada hari ini,Rabu7 Oktober2020 bertempat diKantorBadan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumba Barat, dilaksanakanSeleksiKemampuan Bidang (SKB)bagi peserta yang lulus pada Tahap I atau SKD. Kegiatan ini dibuka secaralangsungolehPJs.Bupati Sumba Barat, Drs.Semuel D. Pakereng, M.Si. Dalam arahannya,PJs.Bupatimemberikan semangat dan motivasi kepada peserta yang akan mengikuti sesi pertama yang berjumlah 30 orang. Beliau menyatakan bahwa peserta SKB telah mencapai langkah yang menentukan keberhasilan akhir dari perjuangan dan harapan untuk menjadi seorang PNS, “tentu persaingan akan semakin ketat dan berat, karena saat ini setiap peserta telah mengetahui siapa-siapa yang harus dikalahkan agar bisa keluar sebagai pemenang”. Lebih lanjut,PJs. Bupati Semuel menghimbau agar peserta tes tidak perlu tegang dan cemas karena hal tersebut justru dapat menggangu kesiapan yang sudah dilaksanakanselama ini. Harus fokus dan tenang, bawa dalam doa agar Tuhan mengabulkan segala perjuangannya. Karena ini sebuah kompetisi maka pasti ada yang menang dan ada yang kalah; bagi yang kalah tidak perlu berkecil hati namun terus mempersiapkan diri lebih baik lagi agar pada kesempatan-kesempatan berikutnya sudah lebih siap.


PJs. Bupati, Drs. Semuel D. Pakereng, M.Si

Sebelumnya, Kepala BKPP Kab. Sumba Barat, Woldeman H. Wello, M.Si menyampaikan laporan singkat terkait rencana kegiatan SKB. Dalam laporannya, Kepala BKPP Woldeman menyampaikan bahwa pelaksanaan SKB ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari yaitu sejak tanggal 7 sampai dengan 9 Oktober dan bila ada peserta yang sakit atau terindikasi positif COVID-19 maka pelaksanaan akan ditambah 1 (satu) hari lagi yaitu di tanggal 10 Oktober khusus bagi peserta dengan kategori perlakuan khusus.Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk hari pertama dan kedua, pelaksanaan SKB direncanakan sebanyak 3 (tiga) sesi perhari dengan jumlah peserta persesinya sebanyak 30 orang dan pada hari jumat sebanyak 2 (dua) sesi.Selain itu dilaporkanjugabahwa total seluruh peserta SKB CPNS Tahun 2019 FormasiKabupaten Sumba Barat berjumlah 224 orang dan yang akan mengikuti SKB di Titik Lokasi (Tilok) BKPP Sumba Barat berjumlah 220 orang sedangkan yang 4 orang telah mengikuti SKB di Tilok Kanreg 10 BKN Denpasar. Dalam pelaksanaan SKB kali ini karenabertepatan dengan Pandemi COVID-19 dan status Kab. Sumba Barat Zona Merah, maka penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat sejak peserta memasuki lokasi kegiatan, dimulai dengan cuci tangan, pemeriksanaan suhu tubuh dan menunjukan Hasil Rapid Test, penggunaan masker dantempat duduk yang diatur berjarak. Selain itu, setiap peserta disemprotkanHandsitesaruntuk memastikan kebersihan peserta. Sedangkan bagi keluarga atau masyarakat umum tidak diperbolehkan masuk atau berkerumun disekitar lokasi tes. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelaksanaan test secara langsung dapat mengakses link yang telah disiapkan panitia melalui alamat :https://www.youtube.com/channel/UCQupX0BIFAaT-DKHyTOolJwatau bisa juga mengakseslive streamingmelalui alamat website BKPP Sumba Barat (www.bkpp.sumbabaratkab.go.id).



Kepala BKPP Kab Sumba Barat, Woldeman H. Wello, M.Si


Guna mengamankan kelancaran pelaksanaan SKB ini, panitia juga melibatkan tim keamanan gabungan dari Kepolisian Resort Sumba Barat, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Kab. Sumba Barat, sedangkan tim kesehatan disediakan oleh RSUD Waikabubak. Selesai acara pembukaan, PJs. Bupati bersama Asisten Administrasi Umum berkenan meninjau ruang pelaksanaan test dan berbincang-bincang dengan petugas BKN dari Kantor Regional 10 Denpasar. Dalam kesempatan tersebut, PJs Bupati mengungkapkan kegembiraannya bahwa persiapan sudah berlangsung dengan baik dan berharap penyelenggaraan seleksi dapat berlangsung dengan aman dan lancar sampai pada hari terakhir.

(by_whw@0820_3)



Pemeriksaan Ruang CAT BKPP Sumba barat


Peserta mencuci tangan dengan sabun dan pengecekan suhu tubuh












60 tampilan