Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat

Diperbarui: Jul 17

Hari ini, Kamis 16 Juli 2020 bertempat di ruang aula Bupati Sumba Barat telah dilaksanakan upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs. Daniel Baya Pabala oleh Bupati Sumba Barat. Upacara pengambilan Sumpah dan Pelantikan dilakukan dengan standar protokol pencegahan covid, dimana Pejabat yang hadir di tes suhu tubuh dan menggunakan masker.



Seperti yang telah diketahui, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat sebelumnya Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si telah memasuki masa Purna Tugas (pensiun) terhitung sejak tanggal 1 Mei 2020. Dan sesuai Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah (Pasal 1), bahwa Penjabat Sekretaris Daerah diangkat untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah apabila terjadi kekosongan Sekretaris Daerah.

Menurut kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumba Barat, Woldeman H. Wello, M.Si, terhitung sejak terjadinya kekosongan jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, telah dilakukan proses persiapan pengusulan penjabat Sekda sesuai regulasi yang berlaku. Dan sambil menunggu proses persetujuan usulan penjabat Sekda oleh Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai Wakil Pemerintah Pusat, maka per tanggal 1 Mei 2020 telah ditunjuk Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat, Yermia Ndapa Doda, S.Sos melaksanakan tugas sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah melalui keputusan Bupati Sumba Barat. Lanjut Kepala BKPP, hal ini sesuai dengan bunyi Pasal 4 Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah yang menyebutkan Kepala Daerah menunjuk Pelaksana Harian apabila dalam proses penerbitan Keputusan Pemberhentian Sekda kurang dari 7 (tujuh) hari kerja dan/atau Pengangkatan Penjabat Sekda. Lebih lanjut dikatakan bahwa, surat permohonan usulan Penjabat Sekretaris Daerah yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Barat telah dijawab oleh Gubernur NTT melalui surat Nomor : 800/107/BKD 2.2 tanggal 9 Juli 2020 perihal Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekda Kabupaten Sumba Barat.



Dalam sambutannya, Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menyampaikan ucapan proficiat sekaligus selamat bertugas kepada Drs. Daniel Baya Pabala selaku Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat. Bupati menegaskan bahwa tanggungjawab yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Barat karena meyakini bahwa Penjabat yang dilantik memiliki kemampuan dan cakap untuk mengemban tugas sebagai Penjabat Sekda. Lebih lanjut, Bupati Niga menyatakan Penjabat Sekda memiliki tugas yang hampir sama dengan Sekda definitf, yaitu memastikan bahwa penyelenggaraan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik dan dapat mendukung Bupati dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Daerah. Tugas ini menjadi semakin berat karena saat ini di Kabupaten Sumba Barat sendiri sedang memasuki tahapan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak. Oleh karena itu, Bupati mengharapkan Penjabat Sekda dapat melaksanakan tugas yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya, menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara yang ada di Pemerintah Kabupaten Sumba Barat. Harapan yang sama disampaikan oleh Bupati Niga kepada isteri Penjabat Sekretaris Daerah dalam sambutannya. Selain sebagai penjabat sekda, Drs. Daniel B. Pabala saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan, Aset dan Pendapatan Daerah.

Acara pengambilan sumpah dan Pelantikan Penjabat Sekda berlangsung dengan hikmat dan dihadiri oleh para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat. Selain itu dalam kesempatan ini, turut hadir unsur Pimpinan FORKOMPIMDA seperti Ketua DPRD, Kapolres Sumba Barat dan Dandim 1613 Sumba Barat, juga Kepala Kantor kementerian Agama dan Pimpinan Bank BRI Cabang Waikabubak. Bertindak sebagai Rohaniawan dalam pengukuhan adalah Ketua BPMJ GKS Waikabubat, Pdt. Eni N. Bora, S.Si.Theol.

Selepas acara pelantikan, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Yermia Ndapa Doda, S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Plh. Sekda menyampaikan ucapan selamat kepada Penjabat Sekda terlantik sekaligus menitipkan harapan agar Penjabat Sekda segera dapat melanjutkan estafet tanggungjawab yang diberikan termasuk didalamnya persiapan pelaksanaan Seleksi Secara Terbuka Japatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah yang persiapannya telah dimulai beberapa waktu yang lalu. Mengingat pemberian persetujuan pelaksanaan Seleksi Terbuka JPT Sekda Kabupaten Sumba Barat oleh Menteri Dalam Negeri telah diperoleh lewat Surat Mendagri Nomor 821/2526/OTDA tanggal 8 Mei 2020.

53 tampilan