Kegiatan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah kab. Sumba Barat

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci keberhasilan pembangunan Nasional. Ketersediaan SDM Aparatur Sipil Negara yang mampu dan memiliki etos kerja produktif, terampil, kreatif, disiplin dan profesonal menjadi sasaran kebutuhan yang nyata saat ini termasuk didalamnya ASN yang cakap dan memiliki kemampuan dalam proses pengadaan barang/jasa Pemerintah. Disamping itu juga diperlukan SDM yang profesional dan mampu memanfaatkan, mengembangkan dan menguasai ilmu dan teknologi yang inovatif dalam rangka memacu pelaksanaan pembangunan nasional. Hal ini disampaikan oleh Bupati Sumba Barat, Johanis Dade, SH saat memberikan arahan dalam kegiatan pembelajaran tatap muka, pada Kamis, 27 Mei 2021. Lebih lanjut, Bupati Johanis Dade, SH mendorong memberikan semangat kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan tuntas.



Sehubungan dengan peningkatan Sumber Daya ASN yang profesional di bidang pengadaan barang dan jasa, dan ketersediaan ASN yang memahami pengadaan barang/jasa Pemerintah serta memiliki sertifikasi keahlian pengadaan barang/jasa lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat sangat terbatas, maka pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) RI mengadakan pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/ jasa bagi ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat.

Kegiatan pelatihan dilaksanakn menggunakan model pembelajaran Blended Learning yaitu penggabungan antara pembelajaran mandiri melalui e- learning dan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran melalui e- Learning dilaksanakan mulai dari Tanggal 17 s.d 25 Mei 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran tatap muka pada tanggal 27 s.d 28 Mei 2021 berlokasi di Aula BKPP Kabupaten Sumba Barat. Kegiatan Pelatihan diikuti sebanyak 38 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing perangkat daerah dan unit kerja.


Pelaksanaan Ujian Sertifikasi dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2021 berlokasi di Laboratorium Komputer BKPP Kabupaten Sumba Barat. Peserta Ujian sebanyak 33 orang yang dibagi dalam dua sesi ujian. Dari hasil pelakasanaan ujian, peserta yang berhasil mencapai passing grade dan dinyatakan lulus sebanyak 6 orang. Peserta yang lulus ini nantinya akan memperoleh sertifikat keahlian pengadaan barang/ jasa pemerintah dari LKPP dengan masa berlaku seumur hidup. Diharapkan ASN yang telah mengikuti pelatihan dan betsertifikat dapat menjadi pelaku Pengadaan Barang/jasa. Seperti Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan dan Anggota Kelompok Kerja Pemilihan yang kompeten.

25 tampilan0 komentar