Kerjabakti Gerakan Pungut Sampah dan Persiapan tes SKB CPNS

BKPP Ikut Berpartisipasi dalam Kerja Bakti“Gerakan Pungut Sampah” dalam rangka mewujudkan Waikabubak BISA BERTEMANdan dilanjutkan denganKunjungan Tim SATGAS COVID-19 Kabupaten Sumba Barat dalam rangka pelaksanaan SKB CPNS Formasi 2019.

Dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai Revolusi Mental yang ditetapkan oleh Presiden R.I. Joko Widodo serta mewujudkan Kota Waikabubak yang “BISA BERTEMAN”(Baik, Indah, Sejuk, dan Asri – Bersih, Tertib, dan Nyaman) maka pada hari Jumat, 2 Oktober 2020 dilakukan kegiatan Kerja Bakti membersihkan Jalan-jalan Utama, Fasilitas Umum dan Lokasi Strategis lainnya di seputaran Kota Waikabubak. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari PJs. Bupati Sumba Barat, Drs. Semuel D. Pakereng, M.Si dan diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah/Unit Kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat. Dukungan PJs. Bupati Sumba Barat melalui SE Bupati Sumba Barat, nomor : B.107/DLH/660/53.12/09/2020 tanggal 30 September 2020, dengan nama Gerakan Peduli Sampah. BKPP Sumba Barat mendapat lokasi kerja bakti di Jl. Patimura (depan kantor TELKOM sampai Kios Rubah Deo). Turut bersama BKPP dalam kegiatan dilokasi tersebutadalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Sumba Barat dan Badan Keuangaan, Aset, dan Pendapatan Daerah (BKAPD). Diharapkan dengan Gerakan Peduli Sampah ini, dapat mempercantik wajah Kota Waikabubak serta mewujudkan Waikabubak yang BISA BERTEMAN. Selain itu dalam penegasannya, PJs. Bupati Sumba Barat mengharapkan melalui kegiatan ini, pemerintah memberikan contoh yang baik kepada masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, khususnya dari sampah-sampah Plastik, Kertas, Besi ataupun sampah-sampah yang dapat menimbulkan resiko Polusi Udara, Air dan Tanah serta menimbulkan penyakit. Lebih lanjut PJs. Bupati mengharapkan dengan kegiatan bersih-bersih Gerakan Peduli Sampah yang diinisiasi oleh ASN dapat menyadarkan dan menggugah masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Selesai mengikuti kegiatan kerja bakti di pagi hari, dilanjutkan dengan Kegiatan Visitasi atau Pemeriksaan Kesiapan Pelaksanaan SKB sesuai Protokol Kesehatan oleh Tim Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) Kabupaten Sumba Barat. Tim Satgas COVID-19 dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Tim (Kepala BPBD Kab. Sumba Barat, Ir. Yanis Loebaloe, M.Si) dan beranggotakan unsur BPBD dan Dinas Kesehatan. Dalam visitasi, Ketua Tim menjelaskan Tugas dan Fungsi Satgas COVID-19 serta teknis penilaian yang dilakukan. Tim melakukan pemeriksaan atas fasilitas yang ada seperti, fasilitas cuci tangan, cairan pembersih tangan, masker, desinfeksi ruangan, sirkulasi udara dalam ruangan CAT, jarak antar meja CAT, tanda-tanda atau petunjuk antri dan informasi lainnya. Sesuai hasil pemeriksaan, Tim merekomendasikan penambahan fasilitas cuci tangan dan petugas kontrol.


Dalam penjelasan Kepala BKPP Kab. Sumba Barat, Woldeman H. Wello,M.Si saat menerima Tim Satgas, bahwa pelaksanaan SKB CPNS Formasi 2019 akan dimulai tanggal 7 Oktober sampai 9 Oktober 2020 dengan cadangan 1 hari apabila ada peserta yang mengalami sakit. Mengingat pelaksanaan SKB pada masa Pandemi COVID-19 dan Status Kabupaten Sumba Barat saat ini dalam zona merah, maka rekomendasi Ijin pelaksanaan kegiatan dari Tim Satgas COVID-19 merupakan prasarat yang wajib dikantongi oleh panitia. Dalam penerimaan kunjungan Tim, Kepala BKPP Sumba Barat didampingi oleh Sekretaris BKPP, Kabid Pengadaan dan Pengembangan, Kasubid Pengadaan dan Formasi serta staf BKPP lainnya.

(by_whw@1020-3).


6 tampilan