Strategi Jitu Lolos CPNS 2019

Sebanyak 152.286 formasi disiapkan pada seleksi CPNS 2019 yang telah dibuka pemerintah pada 11 November 2019. Pembukaan seleksi terbagi pada beberapa formasi. Salah satunya pada instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi. Pembukaan formasi ini berada di 68 Kementerian/Lembaga. Kemudian Instansi Daerah 114.861 formasi yang dialokasi Pada 462 Pemerintah Daerah (pemda).

Adapun tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi.

Pada tahun ini Provinsi NTT memperoleh Kuota cukup banyak, berdasarkan penjelasan Sekretaris Daerah Prov. NTT Bapak Ir. Ben Polo Maing, menerangkan "Jadi untuk total keseluruhan (formasi CPNS) sebanyak 4.307 baik provinsi dan kabupaten/kota, untuk formasi guru sebanyak 1.993, formasi tenaga kesehatan sebanyak 1.282 dan tenaga teknis sebanyak 1032. Lebih lanjut, dalam penerimaan CPNS kali ini, sebesar 2 persen formasi diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas."


beberapa strategi jitu lolos CPNS 2019 yang dapat kami sampaikan yakni :

  1. Sebelum Melamar, Pastikan Posisi, Penempatan & Administrasi Sesuai, perlu diperhatikan tahun sebelumnya banyak yang jatuh pada tahap administrasi, jadi persiapkan dari jauh-jauh hari ya guys.

  2. Selain belajar dari buku-buku soal dan internet, kamu juga bisa banyak belajar buku-buku SMA. Di antaranya adalah buku sejarah & UUD.

  3. Saat menghadapi tes, kerjakanlah soal yang lebih mudah dahulu. Lompati soal yang sulit, tapi nanti tetap diisi jika tidak ada sistem pengurangan nilai.

  4. Selain belajar yang tekun, jeli lihat peluang juga perlu. Pilihlah lembaga atau kementerian yang membuka banyak alokasi penerimaan.

  5. Percaya diri, anda sudah mempersiapkan semua dengan baik, mulai dari memastikan kelengkapan berkas, menentukan pilihan formasi, hingga menguasai ketiga bidang tes CPNS. Maka selanjutnya Anda harus menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan sendiri.

  6. Datang lebih awal Datang terlambat dapat mengacaukan pikiran Anda. Akhirnya, Anda akan panik dan kehilangan fokus saat mengerjakan soal. Selain itu datang terlambat juga akan mengurangi waktu yang Anda punya untuk mengerjakan soal.

  7. Kerjakan dengan tenang Merasa gugup saat mengerjakan ujian memang hal yang wajar, terlebih kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS hanya datang satu tahun sekali. Namun, jangan biarkan rasa gugup menghambat Anda ketika mengerjakan soal. Ketika terlalu gugup, Anda bisa kehilangan fokus hingga melupakan semua yang telah Anda pelajari.

  8. Mohon doa dan dukungan dari orang tua dan orang terkasih ya guys!!!!




70 tampilan